Sunday, July 20, 2008

Hal-Hal Sederhana

Hal-hal Sederhana


Hal-hal sederhana mungkin mudah terluput dari ingatan maupun perhatian kita. Namun tidak jarang hal-hal sederhana ini bisa menjadi hal yang sangat berguna bagi kita semua. Penemuan-penemuan hebat di dunia ini seringkali juga terinspirasi dari hal-hal kecil dan sederhana, yang selama ini selalu kita abaikan. Demikian juga kadangkala kita tidak pernah menyadari bahwa hal-hal kecil dan sederhana yang kita lakukan untuk sesama kita bisa berakibat sangat besar.
Dalam suatu perjalanan, seorang supir taksi berkata kepada Charles H. Spurgeon, seorang penginjil, “Sudah lama sekali saya pernah membawa tuan pulang ke rumah tuan.” Hal ini tentu saja membuat Charles bingung sebab ia tidak merasa kenal dengan orang ini, bahkan ia tidak pernah memperhatikan wajah para supir taksi yang mengantarnya berpergian. Selanjutnya supir taksi tadi berkata, “Itu terjadi empat belas tahun yang lalu...” Lalu ia mengeluarkan Alkitab saku berisi Kitab Perjanjian Baru, “Mungkin Anda ingat akan buku ini, Anda dahulu meminta saya membacanya. Dan setelah saya membacanya, saya memperoleh keselamatan dan mengikut Yesus sampai hari ini. Terima kasih.”
Pada saat Charles memberikan Alkitab Perjanjian Baru kepada sopir ini empat belas tahun yang lalu, mungkin ia tidak pernah menyangka bahwa tindakan sederhana yang ia lakukan berakibat sedemikian positif bagi supir taksi tersebut. Demkian juga halnya dengan kita. Kita tidak pernah tahu bahwa setiap kebaikan kecil yang kita berikan kepada sesama kita bisa berakibat sedemikian luar biasa. Tuhan Yesus sendiri juga sering melakukan banyak hal kecil dan sederhana bagi orang-orang pada jamannya. Ia bercakap-cakap dengan perempuan Samaria. Yesus hanya menumpang di rumah Zakheus untuk makan. Yesus membiarkan seseorang perempuan berdosa mengurapi-Nya. Bukankah hal-hal yang dilakukan Yesus tersebut adalah hal sederhana? Tapi akibatnya sungguh luar biasa! Lewat renungan ini hendaknya kita rajin-rajin menaburkan kebaikan kepada sesama kita. Meski hal itu sangat sederhana tapi itu bisa berdampak besar bagi kemuliaan-Nya.
Hal sederhana bisa menjadi sangat berarti jika dilakukan dengan segenap hati
Bacaan: Lukas 19:1-10

Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."- Lukas 19:5





No comments: